Memotret tidak hanya sekedar menekan tombol shutter. Memotret adalah seni dalam menggambil gambar, bukan sekedar hobi namun juga diperlukan rasa, kepekaan dan inovasi karya yang berkelanjutan. Pada tulisan sebelumnya saya sudah tuliskan hal penting yang harus diingat saat pengambilan foto.


Dari apa yang sering saya jumpai di lapangan, tidak sedikit kawan yang dengan bangga membawa kamera DSLR yang harganya lebih mahal dibandingkan kamera saku namun dipergunakan untuk jeprat jepret sana sini. Mereka lupa mengembangkan keahlian dan memperkaya teknik. Tidak sedikit juga teman-teman fotografer yang mulai enggan berkarya, karena merasa bosan tidak ada pembaharuan.


Disinilah diperlukan passion, kesenangan yang tumbuh dari dalam diri untuk menghasilan karya foto yang baik. Selain karena kesenangan, pengembangan pengetahuan memotret juga penting untuk mendorong kita semakin aktif berkarya. Jadi teman-teman tidak bosan karena telah mengantongi berbagai teknik dan tips dalam memotret.
Untuk bisa menjadi seorang fotografer professional latihan berulang kali wajib dilakukan. Pelajari step by step, jangan buru-buru mengambil langkah yang sulit jika belum memahami dasarnya. Jangan sampai ditengah jalan anda menemui kesulitan dan bingung hingga memaksa anda kembali ke step awal lagi.


Pada kesempatan ini saya akan paparkan hal dasar fotografi yang penting diketahui oleh seorang fotografer pemula. Selamat membaca, semoga ilmunya bermanfaat

Harga NIKON Coolpix B700 – 2017

Camera CANON PowerShot SX60 HS – 7 jutaan

1. Mengenal kamera
Mengenal bagian-bagian kamera adalah hal dasar yang harus diketahui sebelum memulai mengambil gambar. Ketahuilah fitur-fitur apa saja yang dapat difungsikan dalam kamera anda. Pelajari setiap tombol yang ada di kamera. Pelajari menu dan berbagai settingan yang ada didalamnya. Buat diri anda menjadi menyatu dengan kamera. Kamera dan anda seperti telah memiliki hubungan yang akrab.
List kamera terbaru dan harganya

2. Teknik Menekan Tombol Shutter.
Tombol Shutter adalah tombol yang ditekan saat akan memotret. Pada jenis-jenis kamera yang berbeda, berbeda pula cara menekan tombolnya. Cara menekan tombol kamera DSLR berbeda dengan cara menekan tombol shutter pada camera pocket ataupun ponsel. Baca juga cara yang benar menekan tombol shutter.

3. Mengenali Lensa
Kamera terbagi menjadi body dan lensa yang terpasang. Perhatikan pada bagian kamera anda. Terdapat tombol kecil untuk mengatur mode focus. Mode Fokus AF dan MF. AF adalah settingan untuk autofocus dan MF adalah manual fokus. Settingan ini biasa ditemukan pada kamera digital professional. Pada kamera pocket settingan fokus juga bisa diatur melalui settingan menu atau teknik mengatur fokus dengan menekan setengah tombol shutter.

4. Mengenal exposure
Pengaturan exposure menjadi hal yang penting dalam memainkan kamera. Exposure merupakan hal penentu dari baik buruknya kualitas suatu karya. Exposure atau yang dikenal dengan mode pemotretan wajib disetting.

Pada kamera DSLR maupun kamera pocket akan menampilkan mode-mode pemotretan yang bisa dipilih seperti mode memotret portrait, mode memotret benda bergerak, mode kembang api, close up dan lain sebagainya. Exposure bisa disetting mode auto juga yang berjalan auto sesuai dengan programnya. Hal ini tidak jarang malah kurang sesuai dengan kebutuhan. Silahkan pelajari mode-mode pemotretan pada kamera anda.

5. Mengenal Sudut pengambilan gambar/ Angel
Berbagai tekni angel wajib diketahui seorang fotografer. Ada yang dikenal dengan eye angel.

  • Eye angel merupakan angel normal yang menampilkan hasil foto sama dengan apa yang dilihat mata. Tinggi kamera saat membidik harus sejajar dengan objek/ subjek.
  • Bird Eye view angel, merupakan teknik pengambilan gambar dari ketinggian/ pemotretan dilakukan dari tempat yang tinggi.
  • High angel, dimana objek atau subjek akan difoto dari atas namun tidak se extreme eye bird angle.
  • Low angel, merupakan sudut pengambilan gambar yang rendah, kamera berada dibawah dari objek yang akan difoto.
  • Frog eye angel, yakni sudut pengambilan gambar yang rendah, lebih extreme dari low angel.
  • Canted Angel/ oblique, yaitu pemilihan sudut pengambilan gambar yang sengaja dimiringkan, ini biasa digunakan untuk menghasilkan foto unik.

6. Tenik Pengambilan Gambar
Ada banyak sekali tipe-tipe pengambilan gambar, atau dalam bahasa inggris dikenal dengan type of shot. Type of shot mengandung artian pilihan luas area frame yang digunakan saat membidik objek.

  • Teknik extreme long shot (cakupan area yang diambil luas)
  • Long shot (penggunaan area yang cukup, seukuran pas dengan fokus bidikan),
  • Medium long shot pengambilan area lebih sempit dari long shot)
  • Medium shot (menampilkan setengah dari objek dengan lebih detail)
  • Big close up (menampilkan bagian objek dengan dari dekat),
  • Extreme close up (merupakan teknik bidikan yang menfokuskan bagian tertentu dengan sangat detail.

Sekian pengetahuan dasar fotografi yang bisa saya bagikan. Teruslah berlatih menghasilkan karya. Dengan memahami beberapa pengetahuan dasar memotret teman-teman sudah mulai bisa terapkan.
Salam jepret.

NIKON D7200 Kit VR - Black
NIKON D7200 Kit VR – Black

Advertisements