Berkembangnya dunia fotografi saat ini bersinergi baik dengan perkembangan kamera foto. Berbagai jenis kamera kini beredar di pasaran, mulai dari harga rendah sampai harga tinggi. Begitupula dengan merk, cukup banyak pilihan merk yang bisa anda pilih dengan harga yang kompetitif. Memilih jenis kamera tentu tidak lepas dari kebutuhan anda. Anda bisa pilih jenis kamera kecil, ringan dan simpel, ataupun jenis kamera profesional dengan lensa panjang dan berat. Sebelum anda menentukan mau membeli kamera jenis apa, ada baiknya ketahui lebih dahulu jenis jenis kamera foto.

Kamera foto dikelompokan menjadi 2, yaitu kamera digital dan analog. Kamera jenis analog mengambil gambar atau membentuk gambar dari cahaya yang ditangkap lensa, kemudian menyimpannya pada negative film. Sedangkan kamera digital terbentuk dari jutaan pixel (element picture) yang dilengkapi sensor penangkap gambar CCD (charged coupled device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide). Sensor ini terdapat di bagian belakang lensa dalam bentuk chip. Semakin tinggi jumlah pixel pada chip semakin detail pula lensa mampu menampilkan hasil foto.

Baca juga Teknik pengambilan foto – belajar fotografi

Media penyimpanan pada kamera digital disebut memori. Memori terpisah dengan media penangkap cahaya. Memori ada berbagai tipe, dari Compact flash (cs), secure digital (sd), memory stick (ms) dan multi media card (mmc). Berbagai perangkat digital bisa anda pilih dipasaran sesuai kebutuhan. Adapun berbagai jenis kamera digital saat ini, diantaranya ;

1. Kamera pocket

Kamera pocket atau kamera saku sangat sesuai dengan sebutannya, mengingat kamera ini berukuran kecil, ringan, mudah dibawa kemana mana dan bisa disimpan pada saku (kamera ukuran saku). Kamera praktis yang mudah dioperasikan ini baik digunakan apabila anda suka mengambil foto tanpa ribet dengan pengaturan. Bidik kemudian jepret bisa dengan mudah dilakukan untuk hasil yang lumayan baik. Perkembangan kamera pocket saat ini sudah mendukung zoom pada lensa.

NIKON Coolpix A100 - Black
NIKON Coolpix A100 – Black

2. Kamera SLR (Single Lens Reflex atau Cermin Lensa Tunggal)

Cara kerja kamera SLR yaitu yaitu dengan meneruskan objek bidikan ke lensa dari pantulan prisma dan cermin sehingga tidak terjadinya efek parallax. Hasil bidikan menjadi tidak berbeda dengan gambar yang ditangkap kamera. Seorang fotografer akan merasa tertantang dengan berbagai fitur dan settingan manual yang dapat dikreasikan pada SLR. Dengan kamera SLR seorang fotografer dapat berkreasi sebebasnya dengan dukungan fitur dan efek yang wajib dicoba. Berbagai aksesoris seperti lensa dan filter juga banyak ditawarkan untuk mendukung optimal kerja kamera SLR.

NIKON D7200 Kit VR - Black
NIKON D7200 Kit VR – Black

3. Kamera DSLR (Digital single lens reflex)

Kamera DSLR memiliki proses kerja dimana cahaya yang masuk ke kamera dipantulkan ke mata fotografer hingga tercipta bayangan yang identik saat tombol shutter ditekan. Kamera jenis DSLR memiliki berbagai fitur pendukung lain seperti penggantian lensa, lensa lebar (wide), lensa jauh (tele) atsu lensa normal (50mm). Adapula lensa zoom dan variasi lensa lainnya dengan dudukan lensa yang berbeda beda.

4. Kamera range finder

Merupakan kelompok kamera lama, bentuknya unik dan klasik. Di tahun 2017 kamera ini sudah jarang dipergunakan. Kamera range finder memiliki proses kerja mirip SLR namun proses pembidikannya seperti kamera poket yang tidak memerlukan lensa utama.

5. Kamera medium format

Jenis kamera medium format memiliki proses kerja yang sama dengan SLR, namun ukuran film jauh lebih besar mencapai 120mm. Dengan ukuran film yang lebih besar pembesaran yang dihasilkan akan lebih baik (SLR film 35mm). Jadi sangat cocok digunakan untuk sekala bisnis, seperti periklanan, majalah dan studio yang membutuhkan hasil gambar berskala besar.

6. Kamera large format

Kamera large format atau kamera view memiliki film penyimpanan yang besar, mencapai 4 x 5 inch atau 8 x 10 inch. Kamera ini dugunakan untuk menciptakan foto kualitas bagus dengan ukuran cetak yang sangat besar. Biasanya diaplikasikan pada foto arsitektural dan foto udara.

7. Kamera instax

Jenis kamera instax memiliki kelebihan dalam kecepatan menghasilkan gambar. Anda tidak akan repot mencetak atau cuci film karena dalam hitungan detik hasil jepretan akan langsung jadi. Sayangnya kamera jenis ini menggunakan film instan sehingga record foto sebelumnya tidak tersimpan dan tidak bisa dicetak kembali.

FUJIFILM Instax Mini 70 - Blue
FUJIFILM Instax Mini 70 – Blue

Demikian jenis jenis kamera digital beserta penjabaran singkatnya. Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa dibagikan untuk rekan rekan. Semangat berkarya

Baca juga Teknik pengambilan foto – belajar fotografi

Belajar Fotografi – pengetahuan dasar

Salam jepret

Advertisements