Belajar fotografi – Tips dan teknik pengambilan foto untuk fotografer pemula

Untuk menghasilkan karya foto yang indah, tidak bisa lepas dari latihan yang berulang ulang. Karya menakjubkan tidak tercipta dari subjek atau objek yang menarik saja, namun dipengaruhi oleh teknik pengambilan foto dan settingan kamera yang tepat. Foto diatas nampak menakjubkan bukan?! Memotret di alam terbuka memerluka  pengalaman dan pengetahuan dasar penting untuk diingat dan diterapkan.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips menarik mengenai teknik  pengambilan foto untuk fotografer pemula. Hal terpenting yang harus diingat ialah keberanian dalam memotret. Rasa takut dan ragu jangan sampe meredupkan kreatifitas anda. Selalu siap dengan kamera dan peka terhadap objek dan subjek sekitar untuk dibidik.

Beberapa faktor luar mampu membuat anda was was untuk mengambil foto, seperti hujan, air laut dan lainnya. Sebagai contoh, moment saat anda berada di atas perahu, atau air terjun tentu sayang untuk dilewatkan. Pergunakanlah case pelindung (waterproof bag) transparant untuk melindungi kamera anda.

Berikut beberapa tips dan trik pengambilan foto yang tentunya penting dijadikan pedoman dalam dunia fotografi ;

Dapatkan penawaran menarik NIKON 1 J5 Mirrorless Digital Camera Double Kit kamera mirrorlesa murah dari bhineka harga 7 jutaan, cash credit.
Camera profesional dengan kualitas fantastik NIKON 1 J5 Mirrorless Digital Camera Double Kit - Silver (Merchant)
NIKON 1 J5 Mirrorless Digital Camera Double Kit – Silver (Merchant)

1. Komposisi objek

Sebelum menekan tombol shutter, atur tata letak objek dengan porposional. Mengatur objek agar tidak tampil berat sebelah, terlalu kebawah atau keatas. Hal yang fatal bisa terjadi saat fokus objek yang anda bidik tidak bisa menampilkan gambaran yang utuh. Untuk foto tujuan komersil komposisi objek yang seimbang penting diperhatikan. Ciptakan agar mata yang melihat bisa tertuju fokus pada objek.

2. Selektif dalam menampilkan elemen – elemen foto

Lakukan seleksi pada objek bidikan dan jauhkan elemen elemen pengganggu. Elemen pengganggu seperti keberadaan garis kabel, ranting, tiang dan elemen lain dapat mengalihkan perhatian mata pada objek utama (fokus objek). Jika elemen pengganggu tidak bisa dielakan, gunakan aplikasi foto editing untuk memoles karya anda agar lebih menakjubkan

3. Fokus pada objek

Depth of field atau kedalam fokus foto harus diperhatikan. Depth of field yang disetting lebih kecil atau sempit (f-stop yang kecil) akan menghasilkan foto yang terfokus pada objek, sedangkan bagian background akan nampak blur. Teknik ini cocok untuk membidik objek2 yang utuh. Sedangkan depth of field yang lebih besar f22 akan menampilkan foto dengan fokus pada semua area bidikan. Ini biasa digunakan untuk memotret alam pemandangan.

4. Perhatikan arah cahaya dan cuaca

Pencahayaan yang tepat mempengaruhi hasil foto anda. Jika hendak membuat foto siluet posisikan objek membelakangi cahaya. Namun jika hendak menampilkan objek terang. Arah cahaya bisa dari depan atau samping. Cuaca juga mempengaruhi kualitas hasil foto. Saat mendung dengan langit gelap mungkin anda memerlukan flash atau lampu untuk mengatur pencahayaan seperti yang diinginkan.

5. Gunakan mode kamera yang tepat.

Ada berbagai settingan mode terdapat pada kamera, seperti mode bergerak, mode malam, tv, etc. Jangan terbiasa hanya mengandalkan settingan auto atau auto program yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

6. Memotret dengan lebih cepat

Jika anda tidak ingin kehilangan momen, latihlah diri agar bisa memotret dengan cepat. Berlatih membidik dan mengatur komposisi dengan cepat dan tepat. Lakukan pengambilan foto dengan shut yang banyak. Setelah itu anda bisa menyeleksi hasil memotret anda.

7. Memotret dengan lebih dekat ke point of interest

Saat anda melihat objek menarik untuk dibidik, bergeraklah mendekat. Anda juga bisa gunakan zoom untuk menampilkan detail objek. Saat ingin menampilkan fokus objek tertentu, usahakan jangan terlalu banyak menyisakan ruang kosong pada frame foto anda. Tampilkan lebih detail dari objek utama yang ingin ditonjolkan.

Demikianlah teknik memotret untuk fotografer pemula yang bisa dipelajari dan diterapkan. Porposi gambar yang baik, pencahayaan yang baik, kamera yang baik dengan settingan yang tepat akan mampu mendukung karya foto yang spektakuler. Selamat berlatih

Salam jepret

Advertisements