Landscape fotografi lebih mengacu pada kegiatan dokumentasi ruang bebas sebagai apresiasi dari pemandangan. Menampilkan gambaran alamiah dari alam terbuka dengan ruang tidak terbatas. Pada kesempatan ini saya akan berbagi teknik fotografi landscape di pantai. Pantai dipilih untuk dibahas mengingat Indonesia memiliki garis pantai yang panjang. Di akhir minggu, di waktu luang anda sangat mungkin untuk kita bersantai ke pantai, sambil belajar fotografi.

Melakukan pemotretan di pantai itu gampang gampang susah. Ada hal dasar yang wajib diingat saat mengambil foto landscape di psntai. Sebelum mengambil gambar, kita harus menganalisa objek objek di pantai. Ada pasir, air laut, ombak, karang/tebing, batu, langit terbuka, cakrawala, perahu, pohon kelapa, bukit dll. Banyak kreasi objek bisa dipadukan ditambah kombinasi warna warna menarik bisa kita bidik di pantai. Birunya langit, putihnya buih ombak, pasir hitam, hijau daun nyiur bersanding awang putih akan menambah menakjubkan hasil foto anda.

Landscape fotografi
Foto oleh Suyoga

Amati objek objek di sekitar anda. Untuk hasil foto yang bagus tidak serta merta menampilkan objek yang wah dan mahal. Kadang yang sederhana memiliki daya pikat dan keunikan tersendiri. Kayu lapuk, fosil kerang dan karang juga unik untuk dibidik. Jeli dan pekalah terhadap objek.

Komposisi

Pantai menjadi tempat yang pas untuk belajar komposisi. Dengan adanya garis cakrawala pantai atau yang dikenal dengan horizon pantai membantu anda saat membidik dan menentukan komposisi. Teknik rule of third bisa diterapkan, dengan mengambil komposisi 1/3 pantai, 1/3 laut dan 1/3 langit. Jika terdapat objek lain yang hendak ditonjolkan seperti pohon atau perahu tampilkan dalam komposisi yang tepat sehingga gambar seakan mampu bercerita.

Baca juga Teknik pengambilan foto – belajar fotografi

Pencahayaan terbaik

Untuk menghasilkan karya menakjubkan anda juga harus peka terhadap pengaturan cahaya. Cahaya sangat mempengaruhi kualitas foto anda. Untuk lokasi pantai dengan ruang terbuka yang kaya cahaya, waktu terbaik melakukan pemotretan ialah pagi hari dan sore hari. Pagi saat matahari mulai menyinar sampai batas siang pukul 10 dan sore mulai pukul 16 sampai terbenam matahari.

Di waktu baik ini cahaya matahari masih dengan pancaran lembutnya. Gradasi langit juga dapat terlihat jelas. Jika kondisi berubah menjadi minim cahaya, aturlah bagian eksposure dan mettering agar foto tidak terkesan terlalu gelap.

Jangan takut untuk mencoba, coba lagi, coba lagi hingga anda dapatkan hasil terbaik. Jika terlalu gelap, naikan bukaan aperture, misal dari f11 ke f8 atau bisa dengan menaikan ISO namun jangan terlalu tinggi karena akan memunculkan banyak noise.

Moment foto

Moment yang dimaksudkan disini ialah potret yang terekam dalam bidikan yang mampu menampilkan cerita tanpa terlalu banyak kata. Kita ambil contoh, foto ombak bergulung menghantam karang yang tinggi. Shutter speed diatur tinggi dengan ISO tinggi hingga memunculkan air freeze untuk menampilkan detail air ombak. Berbeda jika memotret air pantai yg tenang, kesan tenang bisa dihasilkan dari shutter speed lambat, hingga hasil di foto air tampak blur halus dan tenang.

Berbagai moment bisa anda ambil untuk menampilkan kesan cerita foto yang mengaggumkan.

Filter foto

Settingan filter dapat diatur, mulai dr ND (neutral density) yang berfungsi untuk mengurangi cahaya pada siang hari. Ada pula pengaturan UV yang berfungsi untuk menyaring sinar UV dalam waktu tertentu, sekaligus sebagai pelindung lensa. Polarizing filter adalah settingan untuk mengurangi refleksi dan meningkatkan kontras. Warna yang muncul akan semakin dipertajam. Secara pribadi saya akui sangat jarang memperhatikan filter setting. Settingan ini bisa anda coba untuk membantu menghasilkan karya fantastik.

Manfaatkan kesempatan saat berjalan jalan di pantai untuk berlatih komposisi dan porposi dan kepekaan membidik. Bagian yang sulit dalam fotografi adalah bagian eksposure manual, dari shutter speed, aperture dan ISO. Berkreasilah dengan berbagai settingan termasuk fasilitas filter untuk menyaring pencahayaan. Dengan rajin berlatih dan bersungguh sungguh niscaya anda bisa menjadi photograper berkualitas makin baik.

Salam jepret

Baca juga

Jenis jenis kamera – kamera foto

Belajar Fotografi – pengetahuan dasar

Advertisements